Minggu, 03 Januari 2016

THE MARTIAN (2015) "Farming Level : Super Duper Hard"




SINOPSIS

          Selama misi berada di Mars, Astronot Mark Watney yang diduga tewas setelah terjadi badai ganas dan ditinggalkan oleh krunya. Tapi Watney yang telah bertahan terdampar dan sendirian di planet ini. Dengan pasokan makanan sedikit, ia harus memutar otak dan kecerdasan dirinya untuk dapat bertahan hidup dan menemukan cara untuk mengirim sinyal ke Bumi bahwa ia masih hidup. Selain itu di Bumi, NASA dan para Ilmuwan di seluruh dunia sedang menemukan cara untuk 'menjemput' Watney untuk kembali ke Bumi.



Rating         : PG-13
Genre          : Science Fiction & Fantasy
Directed By: Ridley Scott
Written By : Drew Goddard

REVIEW & CERITA LENGKAP
          (Spoiler Alert) The Martian bercerita tentang seorang pria, Mark Watney (Matt Damon), yang menggunakan semua kecerdikan dan keberanian nya untuk menghadapi situasi yang mustahil. Cerita berawal saat Mark dan teman-teman kru nya sedang menjalani suatu misi di Mars. Karena badai yang besar dan ganas, menyebabkan pesawat yang mereka tumpangi miring dan akan segera jatuh. Mengingat keadaan memburuk, Kapten kru, Melissa Lewis (Jessica Chastain) memberi perintah agar seluruh kru naik ke pesawat dan segera meninggalkan Mars menuju Hermes. Saat di jalan menuju pesawat, Mark Watney terpental dan terbawa oleh badai. Selama beberapa menit seluruh kru mencoba mencari dan menghubungi Watney, akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan Mark Watney dan menduga bahwa Mark Watney telah tewas. Seluruh kru memberitahu NASA. Dunia pun berduka atas tewasnya Astronot Mark Watney.

sumber : www.wired.com

          Nan jauh dari Bumi, Planet Mars, Mark Watney terbangun dan sadar bahwa ia telah pingsan. Menyadari bahwa ia tak melihat pesawat yang ia tumpangi bersama kru nya, ia telah menduga bahwa ia ditinggalkan oleh kru nya. Dia pun masuk ke base camp Mars yang telah dibangun NASA untuk misi di Mars. Selama di base camp, ia mencari pasokan pangan yang tersisa. Menyadari pasokan pangan itu terlalu sedikit, Watney memutar otak dan berfikir. Mellihat sekantong kentang, ia langsung membuat sebuah pertanian nya sendiri. 'Farming Level : Super Duper Hard'. Dengan kejeniusannya dan juga merupakan ahli botani, ia menunjukkan kemampuannya membuat air dengan bahan-bahan peninggalan di base-camp yang membuat nya menjadi 'Ahli Botani di Mars'. Pertaniannya berhasil, dia dapat memanen kentang, dan kembali menanamkannya.

Pertanian milik Watney
          Sementara itu di Bumi, Mindy Park (Mackenzie Davis) yang merupakan karyawan NASA yang bertugas melihat dan meneliti permukaan Mars, dengan secara tidak sengaja menangkap sebuah pergerakan mahkluk hidup di permukaan Mars. Direktur NASA dan beberapa pemimpin tinggi di NASA mengadakan rapat untuk menganalisa pergerakan tersebut. Mereka pun mendapatkan hasil akhir rapat yang mencengangkan, bahwa Astronot Mark Watney masih hidup. 

sumber : www.theverge.com

          Kembali ke Mars, Mark Watney menemukan cara untuk menghubungi NASA di bumi. Mark Watney diberitahu oleh NASA bahwa misi untuk penyelamatan dirinya memakan waktu yang cukup lama. Dan juga bahwa seluruh kru yang meninggalkan Mark Watney di awal cerita, belum mengetahui bahwa Mark Watney masih hidup. Watney tak terima dan segera menuntu untuk memberi tahu keadaannya kepada seluruh kru yang masih berada di luar Orbit Bumi dan seluruh dunia tau bahwa dirinya baik-baik saja. Dengan pertimbangan yang matang, NASA menuruti permintaan Watney.

Hermes

          NASA mencoba berbagai cara untuk 'menjemput' Watney dari Mars. Hingga akhirnya NASA bekerja sama dengan China yang memiliki teknologi roket yang lebih canggih. Mereka mengirimkan pasokan melalui Hermes yang berada di orbit Bumi untuk segera kembali ke orbit Mars. Dan dari permukaan Mars, Watney akan menaiki sebuah Roket mini yang di kendalikan Martinez dari Hermes. Tetapi itu memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 550 hari lamanya.

          Banyak hal yang terjadi sebelum penjemutan Watney, mulai dari meledak nya pintu base camp yang menyebabkan tekanan Mars masuk ke base camp, dan membuat pertanian mini Watney mati. Dengan berbekal terpal dan lakban, Watney menutupi sebuah lubang besar di base camp nya, dan membangun ulang pertanian mini nya. 

          Hari yang di tunggu tiba, Hermes sudah mendekati orbit Mars. Watney menaiki roket mini dan terbang menuju orbit Mars. Banyak rintangan yang harus dihadapi, seperti jauhnya jarak roket Watney dengan Hermes dan lain-lain. Aksi mereka pun direkam secara audio dan disiarkan ke seluruh dunia. Kapten Melissa dan seluruh kru berhasil menjemput Watney dan segera kembali ke bumi.

Kru ARES III

          Secara keseluruhan film, meskipun ini merupakan film Sci-Fi, ada beberapa bumbu komedi yang jika Anda menyadarinya, anda akan menertawakannya. Seperti disaat scene NASA memberitahu kepada pers dan seluruh dunia bahwa Mark Watney sudah tewas dalam tugasnya dan suasana pun mengharu biru dan tegang. Sementara berjuta-juta kilometer dari Bumi, Mark Watney sedang membuat pertananian mini miliknya dan menanam kentang.


Rating : 8.5/10

CAST

Matt Damon as Mark Watney

Jessica Chastain as Kapten Melissa Lewis
Sebastian Stan as Chris Beck
Aksel Hennie as Alex Vogel
Kate Mara as Beth Johansson
Michael Pena as Rick Martinez

Tidak ada komentar:

Posting Komentar